Dongeng Putri Duyung dan Pangeran Baik Hati

 


Hiduplah Raja Laut sang penguasa dunia bawah laut. Raja tinggal diistana yang sangat indah. Raja hidup bahagia bersama ibu dan keempat putrinya, keempat putrinya memiliki usia yang cukup dekat diantaranya.

Putri Raja yang paling kecil bernama Little Mermaid, ia tak seperti kakak-kakaknya. Ia sangat suka menghabiskan waktunya untuk ke kapal-kapal karam yang telah jatuh kedasar laut.

Kapal-kapal disana banyak menyimpan harta karun, yang tak pernah diketahui little mermaid. Little mermaid sering bernyanyi sambil mengatur koleksi harta karun yang ditemukannya.

Suara little mermaid adalah yang paling indah disana, ikan-ikan disana menyukai suara little mermaid.

Ketika  usia mereka genap 15 tahun, mereka diperbolehkan berenang sampai kepermukaan laut. Little mermaid begitu menunggu waktu itu, sangkin tidak sabarnya. Dia meminta neneknya menceritakan kisah tentang kehidupan didarat.

Tak lama, kakak perempuan tertua menginjak usia 15 tahun. Ia menjadi putri pertama yang diizinkan naik ke permukaan laut.

Ketika sang kakak kemabali dari permukan laut, dia membawa cerita kepada adik-adiknya. Dia melihat ada pasir putih yang lembut, dia melihatlangit dan awan yang cerah, serta matahari terbenanm yang berubah warna menjadi merah keemasan. Bahkan ia melihat banyak burung yang beterbangan tinggi diatasnya.

Setelah itu menyusul lah kedua kakak little mermaid ke permukaan setelah usianya menginjak 15 tahun. Mereka bercerita ada gunung es yang mengambang di laut dan bersinar terang. Semua kapal menjauh dari gunung es, seolah ketakutan da gunung es itu terlihat tidak berpenghuni. 

Dan lanjut bercerita saat ia berenang mendekati gerbang kota. Ia mendengar suara manusia memanggil satu sama lain, suara kuda yang terjepit hingga jatuh di jalanan. Ketiga kakak nya bahkan mendengar musik untuk pertama kalinya di permukaan laut.

Setelah mendengar cerita-cerita tersebut, little mermaid semakin penasaran tentang kehidupan di atasnya. Saat dia berusia 15 tahun, dia pun naik ke permukaan untuk melihat sendiri cerita yang dibagikan sang kakak-kakaknya.

Ketika muncul di permukaan laut, little mermaid berada tepat disebelah kapal besar. Dia mendengar suara musik yang indah dan para pelaut yang sedang menari, mereka tampak tertawa dan bersenang-senang.

Tiba-tiba Little Mermaid melihat seorang pemuda tampan melangkah keluar gelagak kapal. Disaat bersamaan, suara kembang api terdengar dan little Mermaid pun mendekat. Little Mermaid menyangka kalau pemuda itu adalah seorang pangeran.

Terjadilah bencana yang tidak terduga, ombak besar datang disusul petir dan hujan badai. Kapal terombang-ambing di lautan. Semua terjatuh ke laut termasuk sang pangeran yang disukai Little Mermaid.

Little Mermaid yang mengetahui bahwa manusia tidak bisa hidup di dalam air. Ia menyelamatkan pangeran tersebut, lalu berenang ke permukaan dan menarik badan sang pangeran sampai ke tepi pantai.

Little Mermaid bingung karena pangeran itu tidak kunjung sadar dan membuka matanya. Little Mermaid menyanyikan lagu sedih, tiba-tiba sang pangeran sadar.

Ketika Little Mermaid ingin menyapa sang pangeran, seketika ada suara perempuan yang datang, ia langsung cepat menyelam agar identitasnya tidak terbongkar. Sejak saat itu Little Mermaid tidak lagi bertemu dengan pangeran tersebut.

Ia kembali tanpa menceritakan apapun kepada saudara-saudaranya itu. Bertahun-tahun kemudian Little mermaid tidak bisa melupakan sang pangeran, ia lalu bercerita kepada neneknya dan mengaku ingin bertemu dengan pangeran tampan itu lagi.

Neneknya mengatakan kalau Putri Duyung tidak akan mungkin berjalan menggunakan kedua kaki. Yang bisa melakukannya adalah Penyihir Laut. Little Mermaid langsung menemui Penyihir Laut. Penyihir laut langsung memberikan ramuan untuk memberikannya kedua kaki. Tapi dengan syarat, Little Mermaid harus merelakan suara merdunya. Selain itu, Penyihir Laut juga mengatakan bahwa harus menikahinya bila Little Mermaid ingin hidup. Jika pangeran menikah dengan orang lain, dia akan mati bersama suaranya selamanya.

Little Mermaid langsung setuju dan langsung meminum ramuadari Penyihir Laut. Ia pingsan dan terbangun didaratan dengan kedua kaki seperti manusia. Disaat itu, Little Mermaid ditemukan sang pengeran pujaannya. Ia pun diajak ke istana pangeran dan mendengarkan semua cerita pria pujaannya.

Di hari pesta kerajaan, sang Raja memanggil pangeran untuk memilih pengantin yang baik untuk sang pangeran. Seorang putri dari negeri terdekat yang datang kepesta.

Awalnya sang pangeran kecewa karena dia sudah terlanjur menyukai Little Mermaid, tanpa diketahui Little Mermaid suaranya telah dipindahkan Penyihir Laut ke wanita yang dijodohakn ke pangeran.pangeran pun menjadi terkesima dengan suara putri yang dijodohkan dan menyetujui perjodohan itu, lalu menikahinya. 

Hati Little Mermaid sangat hancur, keesokan harinya Litle Mermaid pergi ke laut dan memberitahukan masalah sang pangeran ke kakak-kakaknya. Lalu sang kakak memberitahukan kepada sang ayah. Ternyata Little Mermaid disekap oleh Penyihir Laut yang menginginkan Tongkat Raja Laut.

Melihat sang putri terdesak, sang Raja Laut pun setuju untuk memberikan tongkatnya kepada penyihir. Penyihir laut lalu beribah menjadi monster dan datang ke pernikahan dan berbuat kekacauan.

Little Mermaid berusaha menyelamatkan pangeran sampai akhirnya terperangkap oleh tentakel monster. Menggunakan pisau Little Mermaid menusuk dada monster, sang pangeran membantunya dengan cara menembakkan anak panah ke arah monster.

Penyihir Laut jatuh kedalam air. Disaat itu suara merdu Little Mermaid kembali kepemiliknya. Pangeran yang mendengar suara asli Little Mermaid langsung tersadar bahwa dia sudah salah menilai menilai selama ini. Sang pangeran mengingat mengingat suara itu sebagai suara wanita yang menolongnya sat kapal terjatuh karena ombak yang besar.

Disaat itu juga datanglah putri yang akan dijodohkan kepangeran, untuk menyerbu karena tidak terima dengan kehadiran Little Mermaid. Sang Raja Laut pun datang untuk menyelamatkan sang putri melawan putri jahat.

Putri jahat pun gugur dalam peperangan, sang Raja Laut segera melambaikan tongkat nya dan mengangkat Little Mermaid kembali ke kapal.

Pangeran yang telah jatuh cinta kepada little mermaid setelah kejadian kapal terjatuh, langsung menghampiri nya dan memeluknya dengan erat. Lalu pangeran langsung mengajak little mermaid menikah.

Little mermaid menerima lamaran sang pangeran. Dan kini keduanya pun hidup bahagia.

Tamat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng "si Kancil dan Buaya"

Dongeng Anak : Kisah Keledai Bertelinga Panjang

Ciri-ciri Dongeng