Dongeng Anak Sebelum Tidur : Kisah Tiga Babi Kecil

 


Si kecil susah tidur bunda? Jika hal tersebut terjadi, bunda bisa melakukan berbagai cara agar si kecil bisa tidur malam tepat waktu. Salah satunya adalah dengan cara membacakan si kecil dongeng anak sebelum tidur.

Dongeng tidak hanya dapat membantu si kecil untuk tidur tepat waktu, tetapi juga bisa mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada anak, melalui ceritanya yang menarik untuk didengarkan.

Sebagai bahan referensi bunda, kami telah merangkum cerita dongeng anak sebelum tidur yang berjudul kisah tiga babi kecil.

Kisah Tiga Babi Kecil

Di sebuah hutan, hiduplah satu keluarga babi yang bahagia. Keluarga babi ini terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anak babi.

Pada suatu hari, sang ibu sengaja memanggil semua anaknya untuk berkumpul, ketiga babi kecil itu diminta untuk mulai hidup mandiri. Mereka diperintahkan oleh ibunya untuk belajar hidup di rumah masing-masing.

Ketiga babi kecil diharuskan mencari bahan bangunan dan membangun rumahnya sendiri oleh sang ibu. Tidak hanya itu, ibu mereka juga berpesan untuk selalu berhati-hati dari Serigala. Setelah mendapat perintah dari ibu, ketiga babi kecil mulai mencari bahan untuk membangun rumah.

Anak babi pertama memilih untuk membangun rumah dari jerami kering. Karena kemalasannya, ia langsung mengambil jerami yang mudah ditemukan di belakang rumah orang tuanya dan tidak ingin mencari bahan bangunan di tempat yang jauh.

Anak babi kedua memilih untuk membangun rumah dari ranting pohon atau kayu yang tidak terpakai. Anak babi kedua ini tidak ingin pula bersusah payah mencari bahan bangunan, ia hanya perlu mengitari hutan dan meminta kepada warga binatang lainnya.

Anak babi ketiga adalah anak babi yang paling berbeda sikapnya. Ia merupakan anak yang rajin dan sabar, tidak seperti kedua kakaknya. Anak babi ketiga benar-benar membangun rumahnya agar dapat berlindung dari serangan serigala. Ia juga sengaja mencari batu bata lalu dengan sabar menyusunnya satu per satu untuk membangun rumah.

Melihat hal tersebut, kedua kakaknya menertawakan anak babi ketiga, mereka mengatakan bahwa anak babi ketiga terlalu berlebihan. Namun, pada suatu waktu, hutan dihebohkan oleh kabar Serigala yang kelaparan. Semua penghuni hutan tidak berani berada di luar rumah, termasuk ketiga anak babi.

Serigala ternyata benar-benar datang mencari mangsa. Rumah anak babi pertama menjadi rumah yang ia datangi pertama kali. Dengan hanya meniup, rumah jerami anak babi pertama langsung roboh. Anak babi pertama berlari ketakutan menuju rumah anak babi kedua. Mereka berdua berpelukan saat mendengar suara tawa Serigala mendekat.

Di luar rumah, Serigala dengan sangat mudah juga ikut menghancurkan rumah anak babi kedua hanya dengan meniupnya. Mereka berdua yang ketakutan, berlari sangat kencang dan akhirnya berlindung di rumah anak babi ketiga.

Di sana, serigala kembali tertawa dan bersiap untuk meniup rumah anak babi ketiga. Namun, usahanya menjadi sia-sia karena batu bata itu sangat kuat dan tidak bisa dihancurkan dengan tiupan. Karena kelelahan, Serigala pun menyerah dan pergi meninggalkan ketiga anak babi yang berada di dalam rumah dari batu bata milik anak babi ketiga.

Karena kejadian itu, anak babi pertama dan kedua menyesal karena telah meremehkan rumah anak babi ketiga. Mereka pun meminta maaf dan berjanji untuk tidak akan malas lagi.

Tamat.

Dengan mengantarkan anak tidur dengan dongeng kisah tiga babi kecil ini, selain akan membuat si kecil tidur malam tepat waktu, bunda juga sekaligus dapat memberikan pelajaran tentang dampak buruk dari sikap malas kepada sang buah hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng "si Kancil dan Buaya"

Dongeng Anak : Kisah Keledai Bertelinga Panjang

Ciri-ciri Dongeng