Dongeng Cerita Anak : Beruang dan Lebah



Kisah Beruang dan Lebah merupakan cerita dongeng yang berasal dari Yunani. Dongeng anak beruang dan lebah ini memiliki amanat moral yang sangat baik untuk adik-adik. Yuk, sobat kita ceritakan kisah ini sebagai dongeng anak sebelum tidur kepada si kecil.

Kisah Beruang dan Lebah

Pada suatu hari, ada seekor beruang yang sedang berkeliling-keliling hutan untuk mencari madu kesukaannya. Madu-madu itu hanya bisa ia dapatkan di sarang lebah. Beruang harus berjalan ke dalam hutan dan menyusuri hutan untuk mencarinya. Namun, setelah lama berkeliling dan mencari sarang lebah, beruang tak juga menemukan sarang lebah yang ia inginkan.

“Biasanya di sini banyak sarang madu. Ah, kemana kau lebah-lebah ? Aku membutuhkan madu.”Ucap Beruang.

Karena merasa lelah setelah berkeliling mencari sarang lebah, beruang pun memutuskan untuk beristirahat. Saat sedang beristirahat, beruang mendongakkan kepalanya ke atas pohon tempat ia beristirahat. Ternyata, terdapat sarang lebah di pohon tersebut.

“Aku harus berhati-hati saat sedang mengambil madu tersebut.” Ujar Beruang.

Beruang lalu berdiri dan berjinjit. Ia melongok ke sarang lebah, memastikan tak ada lebah disana.

Rupanya adabanyak sekali lebah disana. Beruang lalu mencari cara lain agar mendapatkan madu tersebut. Beruang mondar-mandir dibawah pohon, memikirkan cara apa yang bisa ia gunakan untuk mengusir para kawanan lebah yang berada di dalam sarang lebah.

Kawanan lebah yang baru selesai bekerja dan membawa banyak sekali madu, melihat keberadaan beruang. Mereka mengetahui niat beruang yang hendah mengambil sarang  mereka.

“Kita harus menyerang beruang itu.” Seru pemimpin lebah.

Kawanan lebah langsung menyerang beruang. Karena diserang dan merasa kesakitan, beruang pun merasa marah.

“Aku akan menghancurkan sarang kalian!” teriaknya.

Beruang yang marah menggoyang-goyangkan pohon tempat sarang lebah tersebut berada, tanpa memikirkan resiko apa yang akan ditanggungnya.

Goncangan yang dibuat oleh beruang membuat para kawanan lebah keluar dari sarangnya.

“Hei, apa yang kau lakukan.” Teriak lebah-lebah tersebut.

Beruang yang marah tak menghiraukan teriakan lebah, ia terus saja mengguncang-guncangkan pohon tempat sarang lebah tersebut berada. Hal ini membuat para kawanan lebah merasa sangat marah, mereka lalu menyerang beruang dengan cara menyengatnya bersamaan.

Beruang yang merasa ketakutan lari dan berusaha menyelamatkan diri. Ia tak bisa lagi melawan penyerangan yang dilakukan oleh kawanan lebah yang begitu banyak. Ia berusa lari sekuat tenaga, tetapi kawanan lebah yang marah terus mengejarnya.

Untungnya, ada sebuah sungai di hutan. Tak ada cara lain, beruang yang ketakutan pun langsung menceburkan dirinya ke dalam sungai meskipun ia tidak bisa berenang. Melihat beruang yang berada didalam sungai, para kawanan lebah pun kembali ke sarangnya.

“Untunglah ada sungai disini. Kalau tidak, habislah aku disengat oleh ratusan lebah.” Ujar Beruang.

Beruang lalu pulang kerumahnya. Ia mendapatkan pelajaran berharga hari ini, bahwa mengganggu teman itu tidak baik.

Bagaimana sobat ? menarik bukan ceritanya. Bukan hanya menarik, dengan menceritakan kisah ini kepada si kecil kita juga mengajarkan pesan moral yang baik kepadanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng "si Kancil dan Buaya"

Ciri-ciri Dongeng

TIMUN MAS DAN RAKSASA