Cerita Dongeng Fabel "Harimau Berguru Pada Kucing"

Pada kesempatan ini kita akan membaca salah satu cerita fabel. Sebelumnya apakah teman-teman sudah tahu, apa itu cerita dongeng fabel?

Dongeng fabel adalah cerita yang mengisahkan kehidupan hewan dengan watak dan tingkah laku seperti manusia. Penasaran dengan ceritanya? Simak kisahnya berikut ini ya teman!

Harimau Berguru Pada Kucing

Harimau Berguru Pada Kucing

Pada zaman dahulu Kucing dikenal sebagai binatang yang hebat dan sangat berwibawa, sehingga banyak binatang yang hormat padanya,.

Lebih hebatnya lagi banyak juga hewan yang ada di hutan ingin menjadi muridnya, karena hal itulah Kucing dijuluki sebagai guru besar.

Diantara sekian banyak muridnya, Singa dan Harimau adalah murid yang paling setia, mereka rela mengikuti kamanapun Kucing pergi.

‘’Sebenarnya ilmu yang ku turunkan kepada kalian berdua sudah cukup banyak. Apalagi yang kalian inginkan dariku,’’ tanya Kucing.

‘’Kami ingin guru mengajari kami cara memanjat pohon,’’ jawab Harimau.

‘’Itu adalah ilmu yang sangat langka. Sulit untuk mengajarkannya.’’

‘’Tapi kami berdua ingin guru mengajarinya…’’

Kucing mulai berpikir, sebenarnya Kucing tidak ingin membagi ilmu memanjat pohonnya kepada hewan lain, termasuk juga 2 murid setianya itu.

Ia ingin ilmu itu tetap menjadi miliknya dan jangan sampai ada orang lain memilikinya. Oleh sebab itu Kucing berharap kedua muridnya melupakan permintaannya tersebut

Setelah berfikir cukup lama, akhirnya sang guru mengalihkan perhatian muridnya setianya itu dengan cara mengajari mereka berenang.

Pada suatu hari Harimau sudah tidak sabar ingin mempelajari ilmu memanjat pohon. Pagi-pagi Harimau menemui Kucing gurunya. Melihat itu Kucing berusaha menunda dan terus menunda.

‘’ Akan kau gunakan untuk apa mempelajari ilmu itu?’’

‘’Sebagai bekal guru,’’ jawab Harimau.

‘’ Ilmu itu tidak cukup jika sebagai bekal saja,’’ kata Kucing.

‘’Akan aku manfaatkan untuk apa saja?’’ ujar sang Harimau.

Kucing berusaha menjelaskan bahwa manfaat ada yang baik dan buruk. Panjang lebar Kucing menjelaskan membuat Harimau jenuh dan kesal.

‘’Guru. Kau mau menurunkan ilmu itu atau tidak?’’ Tanya Harimau yang mulai kesal.

‘’Sabar-sabar. Tunggu sebentar.’’

‘’Cepat ajarkan aku ilmu itu. Jangan menunda-nunda terus!’’

‘’Kenapa? Jika aku menunda-nunda mengajari kau ilmu itu?”

‘’Membuat saya jadi kesal dan marah.’’

‘’Lalu, jika kau marah dan kesal. Kau mau apa?’’

‘’Saya bisa bertindak kasar!’’

‘’Kau berani mengancam gurumu sendiri?’’

‘’Aku sudah tidak peduli. Sekarang juga kau turunkan ilmu itu.’’

‘’Saya tidak mau menurunkan ilmu itu padamu Harimau. Karena aku tau kau akan memanfaatkan ilmu itu dengan cara yang tidak baik.’’ Kata Kucing sambil berlari meninggalkan Harimau.

Harimau sangat marah karena merasa di bohongi, ia langsung mengejar Kucing. Karena tubuhnya yang lebih besar, dalam waktu singkat Harimau sudah dapat menyusul Kucing.

Tapi Kucing lebih pintar dan menggunakan jurus memanjatnya itu. Kucing bergerak lebih gesit dari Harimau .

Harimau takjub dengan kelincahan Kucing memanjat pohon dengan gesit. Karena ia masih menjadi seorang murid , harimau hanya mampu melihat Kucing dari jauh

Ilmu memanjat pohon itu adalah impian sang Harimau. Setelah Harimau tahu bahwa ilmu itu di miliki oleh Kucing guru besar.

Harimau marah pada dirinya sendiri, sampai-sampai amarahnya tidak terbendung lagi. Karena begitu kesalnya, Harimau bersumpah akan membunuh Kucing itu.

“Aku bersumpah akan membunuhmu!’’

Mendengar sumpah Harimau, Kucing sangat kaget dan ia tidak berani turun dari pohon. Harimau terus menunggunya, sampai akhirnya Harimau mulai merasa lapar.

Karena waktu yang begitu lama dan sudah tidak tertahan lagi, ia memutuskan pergi sebentar untuk mencari makanan dan meninggalkan sang Kucing.

Melihat kondisi yang sudah aman, akhirnya Kucing turun dengan hati-hati. Ia mulai pergi berkelana ke tempat baru agar jauh dari Harimau.

Pesan Moral:

1. Gunakan ilmu dan keterampilan yang telah didapat untuk berbuat kebaikan.

2. Setiap makhluk hidup memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Demikianlah cerita dongeng “Harimau berguru pada kucing” yang  dapat kalian jadikan sebagai pelajaran hidup. Jangan lupa untuk membaca cerita menarik dan bagus berikutnya ya teman!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dongeng "si Kancil dan Buaya"

Ciri-ciri Dongeng

TIMUN MAS DAN RAKSASA